PENGALAMAN MAGANG DI #RUMAHKEDUA NUTRIFOOD INDONESIA
Rasanya saya ingin
berbagi cerita dengan teman-teman sekalian mengenai pengalaman bekerja dan
kehidupan saya di #RumahKedua alias Nutrifood.
Nutrifood adalah
perusahaan yang telah bergerak selama 40 tahun lamanya, dan menghasilkan
produk-produk seperti Tropicana Slim, NutriSari, L-Men, WRP, HiLo, dan W’dank.
Semua bermula dari saya
melihat sebuah rekruitmen PT. Nutrifood Indonesia di instagram @parttimeindonesia
. Dan karena lowongan yang tersedia adalah bagian Intern di Marketing
Promotion, saya langsung mengirimkan resume atau CV saya ke e-mail yang tertera
di lowongan tersebut. Beberapa hari kemudian, melalui e-mail saya mendapatkan
balasan panggilan interview yang akan dilaksanakan minggu berikutnya setelah
saya melamar.
Tibalah hari dimana saya
melakukan interview di PT Nutrifood Indonesia yang bertepatan di jalan Rawa
Bali, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Lokasi perusahaan Nutrifood berada di kawasan
JIEP yang dikelilingi banyak pabrik-pabrik dan kendaraan kontainer. Namun siapa
sangka, di kawasan Pulo Gadung yang biasanya merupakan lokasi pabrik-pabrik
terdapat sebuah kantor yang sangat modern.
Informasi yang saya
dapatkan melalui e-mail adalah untuk hadir pukul 09.00 WIB, dan saya berada di
lokasi sejak pukul 08.30 WIB. Pukul 09.00 saya bersama teman-teman lain yang
mendapat panggilan interview juga beranjak dari lobby lantai 1 menuju lantai
3B. Lantai 3B merupakan ruangan untuk departemen Marketing Promotion dan
Marcomm. Disana, saya menunggu waktu bergiliran untuk melakukan interview
bersama tim Marketing.
Promotion.
Q : Kenapa saya di interview departemen promotionnya langsung? Bukannya interview pada umumnya dilakukan oleh tim HR?
A : Ya, perekruitan intern kali ini dibuka dan diselenggarakan langsung dari departemen Marketing Promotion-nya. Karena departemen terkait biasanya memiliki kebutuhan khusus untuk mencapai target dari departemennya. Sehingga dilakukan lah perekrutan tanpa melibatkan HR untuk dapat membantu pekerjaan dari departemen dalam hal ini Marketing Promotion.
Kemudian, tiba lah
giliran saya untuk di interview oleh tim Promosi. Pertanyaan yang diajukan adalah
seputar profile diri hingga pengalaman-pengalaman organisasi yang dimiliki.
Kurang lebih, saya di interview 30 menit lamanya. Setelah selesai interview,
saya langsung beranjak pulang dan informasi mengenai lolos atau tidaknya akan
diinformasikan keesokan harinya. Hari berikutnya, saya menghubungi pihak Nutrifood
untuk menanyakan apakah saya lolos atau tidak. Dan Alhamdulillah, saya lolos dan diberi kesempatan untuk belajar dan berkontribusi di PT
Nutrifood Indonesia Jakarta.
Saya memulai aktivitas
saya di Nutrifood pada awal maret 2019.
Disini karyawan diberikan banyak kebebasan. Dimulai dari kebebasan
berpakaian hingga jam kerja. Perusahaan Nutrifood memberikan kebebasan kepada
karyawannya dalam hal berpakaian, banyak dari karyawan menggunakan T-shirt,
short pants, hingga sandal jepit. Nutrifood memiliki motto sebagai #RumahKedua
, dimana kantor di desain sebagai rumah kedua untuk memberikan kenyamanan bagi
karyawannya dalam bekerja setiap harinya. Itulah mengapa suasana kantor dan
interior kantor tempat bekerja pun di desain sangat modern dan nyaman.
Lingkungan dan semua orang di Nutrifood juga sangat baik, dan ramah. Bahkan jam
kerja nya pun flexible, karyawan diperbolehkan bekerja diluar kantor selama
pekerjaan dapat diselesaikan.
Nutrifood memiliki visi sebagai perusahaan yang menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan dan juga turut aktif dalam penyebaran gaya hidup sehat. Sehingga para karyawan perusahaan didukung dengan berbagai jenis kegiatan olahraga sesuai minat seperti zumba, gym-disediakan gym center, hingga olahraga-olahraga lainnya.
Nutrifood memiliki visi sebagai perusahaan yang menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan dan juga turut aktif dalam penyebaran gaya hidup sehat. Sehingga para karyawan perusahaan didukung dengan berbagai jenis kegiatan olahraga sesuai minat seperti zumba, gym-disediakan gym center, hingga olahraga-olahraga lainnya.
Di minggu pertama saya
bekerja, saya langsung diberi instruksi untuk membuat konsep mengenai project
yang akan saya jalankan. Dalam hal ini special channel campus atau campus
development. Disini, saya belajar untuk fleksibel dan jangan terpaku pada hal
yang dikuasai saja. Memiliki kemampuan atau skill yang beragam merupakan kunci
utama untuk beradaptasi. Semua hal disini dikerjakan sendiri. Mulai dari
membuat konsep project, budgeting, desain proposal, meeting, presentation,
visiting, negotiating hingga dealing ke pihak kampus semua dilakukan sendiri. Setelah
dealing dengan pihak kampus, eksekusi kegiatan tentu saja tidak akan dilakukan
sendiri, namun akan dibantu oleh mentor dan beberapa rekan lainnya. Dan
Alhamdulilla, dalam kurun waktu 2 (dua) bulan saya mampu menyelesaikan target
dari project special channel campus dengan bantuan, saran, serta masukkan dari
rekan-rekan Nutrifood.
Setelah project selesai
dijalankan, saya diminta untuk membuat report mengenai project dalam bentuk PPT.
Kemudian, report tersebut dipresentasikan pada pertengahan Juni 2019 didepan rekan-rekan Nutrifood diakhir
masa intern untuk melihat apakah project memberikan insight hingga layak atau tidaknya untuk dilanjutkan.
Final Presentation |
Selain menjalankan
project saya, selama intern disini saya ikut membantu dan hadir beberapa event
yang diselenggaraan perusahaan. Mulai dari L-Men of the year, Hilo Kids
Festival, Hilo Drawing Competition dan event-event lainnya.
Saya senang diberi
kesempatan untuk belajar dan berkembang di #RumahKedua. Dan Saya ingin
mengucapkan terima kasih banyak kepada rekan-rekan Nutrifood yang telah
membantu dan memberikan kesempatan bagi saya untuk mengembangkan diri disini.
Terima kasih, Nutrifood!
Terima kasih, Nutrifood!
sukses ya atas aktivitas selama ini dan gapailah karier sebaik mungkin
BalasHapus